Ketahui Cara Mobil Manual Tanjakan dengan Aman dan Mudah

Bagi supir mobil, mengetahui pengendalian cara mobil manual tanjakan yang benar perlu dilakukan. Mengingat jalanan di Indonesia, terutama saat keluar daerah, banyak sekali jalan pegunungan yang berkelok-kelok dan menanjak tajam. Bagi supir pemula, hal ini tentu bukanlah hal yang mudah, mengkombinasikan antara teknik dan keyakinan anda pada saat berkendara merupakan bagian penting yang harus dikuasai supir mobil untuk melewati tanjakan yang tajam. Lagipula, memang ada cara mengatasi tanjakan yang tajam, terutama untuk pengguna mobil manual. Karena kepemilikan mobil dengan rem yang mantap, mobil dengan tenaga besar, ataupun teknologi canggih dalam kopling mobil tidak menjadi jaminan anda dapat melewati tanjakan. Untuk itu, diperlukan teknik-teknik yang tepat dalam menjalankan mobil manuak di tanjakan, terutama apabila mobil dalam kondisi macet.

Cara Mobil Manual Tanjakan Yang Perlu Anda Ketahui

Ada tiga hal penting dalam mengemudi mobil di jalanan yang menanjak. Langkah pertama dalam menjalankan mobil manual di tanjakan adalah memastikan gigi mobil berada pada posisi 1 atau 2. Jangan memaksakan mobil menggunakan gigi 3 di jalan yang menanjak. Kemudian, cara mobil manual tanjakan berikutnya adalah memastikan penggunaan rem seminimal mungkin. Jika penggunaan rem terlalu banyak dan terjadi secara berulang-ulang, ditakutkan akan terjadi masalah pada rem, seperti masalah kampas rem berasap yang sering terjadi. Kemudian, hal terakhir yang perlu anda perhatikan adalah penggunaan kopling mobil. Penggunaan setengah kopling pada mobil akan menghabiskan tenaga pada mobil manual, sehingga mesin mobil sendiri juga akan cepat panas. Selain itu, permaiann kopling yang setengah-setengah ditakutkan akan berakibat pada kesalahan dalam permainan rem, sehingga sewaktu-waktu mobil bisa merosot.

Salah satu cara untuk melewati jalanan yang menanjak agar aman dan mudah adalah menggunakan rem tangan. Bagi pengendara mobil manual, kombinasi yang cepat dan tepat dalam penggunaan rem tangan, kopling serta gas menjadi kunci dari jalan yang menanjak. Jika mobil anda dalam kondisi jalanan yang menanjak dan macet, lepaskan rem tangan dengan kopling secara berlahan-lahan dibarengi dengan pedal gas. Dengan begini, mobil akan maju dan tidak terlalu memakan waktu untuk mundur terlebih dahulu. Jika anda telah mengetahui cara mobil manual tanjakan yang benar, anda tidak perlu takut untuk melewati tanjakan dengan aman.

1 komentar: