Hukum Mobil Kredit yang Dibolehkan dalam Islam

Memiliki sebuah mobil kini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Mobil dapat mempermudah Anda bepergian, khususnya bersama keluarga. Jika Anda berencana membeli sebuah unit mobil, ada beberapa cara pembelian yang dapat Anda pilih seperti pembayaran kontan atau dengan kredit. Jika Anda memilih yang kedua, pastikan Anda mengetahui hukum mobil kredit. Bagi umat muslim khususnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses jual beli dengan sistem kredit. Dengan mengetahui hukum kredit yang sesuai syariah, Anda akan terhindar dari beberapa hal yang dilarang dalam islam. Ada dua jenis kredit mobil, yaitu melakukannya langsung dengan perusahaan atau pihak pertama sedangkan yang kedua adalah kredit yang dikenal dengan istilah leasing.

Untuk hukum mobil kredit yang pertama dimana hanya ada pihak pertama dan Anda sebagai pihak kedua, dalam Islam hal itu diperbolehkan. Jika Anda menggunakan jenis kredit ini, biaya pembayaran kredit mobil akan langsung diterima pihak pertama tanpa perantara. Hal ini diperbolehkan karena sama halnya dengan pembayaran dengan sistem hutang. Dengan ketentuan harga yang telah disepakati, Anda sebagai pembeli akan membayar harga mobil dengan cara diangsur. Adapula beberapa kesepakatan yang harus dibuat seperti jangka waktu pembayaran. Hal ini perlu diperhatikan agar proses pembayaran berjalan lancar. Selain itu, cara ini lebih aman karena Anda akan berhubungan langsung dengan pihak pertama.

Kemudian, untuk tipe kredit yang kedua yakni sistem kredit dengan leasing, apakah boleh dalam hukum Islam? Proses kredit leasing ini tidak diperbolehkan karena beberapa hal. Ini berhubungan dengan alasan kedua dimana dalam islam tidak boleh menjadikan barang yang dijual belikan sebagai jaminan. Karena seperti yang diketahui, mobil yang dikreditkan akan diambil kembali ketika pihak kedua tidak mampu melanjutkan pembayaran sisa angsuran. Alasan terakhir adalah tidak dibolehkannya menjual barang yang penyerahterimaannya belum selesai. Dengan mengetahui hukum mobil kredit yang benar, maka Anda bisa memutuskan sistem kredit yang akan Anda pilih. Dan pastikan tidak terdapat bunga yang semua orang juga tahu kalau bunga adalah riba.

#artikel Hukum Mobil Kredit yang Dibolehkan dalam Islam diatas belum diperiksa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar