Cara Mobil Belok Dengan Aman Dan Efisien

Apabila Anda sudah terbiasa mengemudikan mobil, maka sudah seharusnya memahami cara mobil belok atau cara memutar setir yang baik ketika berbelok. Menurut TH Nugroho Respati, seorang Instruktur Rifat Drive Labs, mengungkapkan bahwa teknik berbelok yang baik, aman dan efisien ada dua. Yang pertama adalah dengan menggunakan teknik hand over dan tehnik yang kedua adalah pull and push. Kedua teknik tersebut merupakan cara yang dianggap paling aman dan efisien ketika berkendara mobil. Di sisi lain, kedua teknik ternyata masih jarang digunakan karena cara dan kebiasaan mengemudi dari tiap orang itu pada dasarnya berbeda-beda.

Teknik hand over atau teknik tangan menyilang merupakan cara berbelok yang membiarkan tangan pengemudi mobil menyilang diantara arah jam 9-3. Nugroho menambahkan bahwa teknik hand over ini dianggap paling aman karena selain manuver dari mobil akan selalu terjaga, tangan pengemudi mobil pun akan tetap berada di lingkar kemudi.

Teknik memutar setir ketika mobil berbelok yang kedua adalah pull and push. Dari istilahnya kita sudah dapat menyimpulkan bahwa ini merupakan teknik tarik dan dorong. Teknik memutar setir ini akan membuat pengemudi mobil untuk menarik satu sisi lingkar kemudi dan kemudian mendorong sisi lainnya untuk membuat mobil berbelok dengan aman dan efisien. Apabila berbelok ke arah kanan, maka tangan kiri pengemudi mobil akan mendorong lingkar kemudi ke arah atas dan tangan kanan pengemudi menarik ke bawah sisi sebelahnya.

Terdapat teknik lain yang sering digunakan oleh pengemudi mobil selain kedua teknik yang dijelaskan diatas. Namun, teknik lain ini dianggap tidak aman dan efisien sehingga sebaiknya tidak digunakan ketika berkendara. Teknik berbelok ini menggunakan satu tangan yang menekan lingkar kemudi saja. Faktanya, teknik ini masih banyak digunakan namun sangat tidak disarankan untuk dibiasakan. Saat mobil berbelok di tikungan, sisi belakang mobil akan cenderung semakin rapat kea rah sisi dalam karena perbedaan radius putar antara ban depan dan ban belakang. Oleh karena itu, pastikan tidak ada bagi motor atau kendaraan lain yang berada di sisi dalam tikungan ketika mobil menikung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar