Perbandingan Mobil Murah Daihatsu Ayla vs Datsun Go+ Panca

Perbandingan mobil murah memang sering menjadi topik hangat untuk dibicarakan terutama di dalam negeri karena hampir semua orang menginginkan untuk memiliki mobil dengan harga murah yang berkualitas. Banyak investor juga menilai Indonesia adalah salah satu Negara yang cocok untuk dijdaikan ajang pasar mobil murah setelah china dan india. Fenomena ini disebabkan oleh banyak penduduk Indonesia yang lebih memilih mobil murah daripada mobil mewah karena dinilai kurang fungsional dan nyaman dipakai di daerah padat penduduk. Alasan tersebutlah yang membuat banyak perusahaan otomotif yang ramai – ramai mengembangkan produk mobil murah di Indonesia. Bisa kita lihat di berbagai pameran mobil dimana yang banyak dipajang adalah mobil – mobil murah dengan harga dibawah 100 juta rupiah. Diantaranya adalah Daihatsu Ayla dan Datsun Go+ Panca yang akan kita bandingkan di bawah.

Perbandingan mobil murah Daihatsu Ayla dan Datsun Go+ Panca dari aspek kapasitas

Pertama – tama, perbandingan mobil murah tidak menilai dari segi harga karena harga yang paling murah tidak selalu dipilih oleh peminat mobil. Seperti contoh, Daihatsu Ayla adalah mobil low cost green car yang dikembangkan oleh Daihatsu ini memiliki peminat yang sedikit hanya sekitar 1 persen dari peminat mobil murah. Hal ini disebabkan karena banyak orang menilai bahwa mobil ini tidak memiliki fitur yang mereka inginkan. Walaupun dengan desain bagus dan harga yang murah (sekitar 70an juta rupiah) mobil ini tidak berhasil merajai pasaran mobil murah karena tidak memiliki kapasitas yang besar. Mobil ini hanya seukuran mobil Suzuki Swift yang hanya bisa menampung lima orang maksimal dengan ukuran bagasi yang tidak besar.

Sebaliknya, pesaingnya yang bernama Datsun Go+ Panca yang juga merupakan salah satu mobil murah yang dipasarkan di Indonesia memiliki peminat yang sangat besar. Mobil ini menduduki peringkat pertama dalam pasaran mobil murah. Peringkat pertama ini tidak didapatkan dari desain dan harga yang murah, tetapi lebih pada kapasitasnya. Mobil ini adalah mobil MPV yang mampu memuat banyak penumpang dan banyak barang karena memiliki ukuran sama seperti mobil APV. Dari segi desain, mobil ini jelas kalah dari mobil – mobil yang lain karena mobil ini berbody bongsor dan lebar. Harganya pun juga di atas mobil murah yang lain dengan 98 juta rupiah. Hanya saja, kebanyakan peminat mobil murah lebih mencari mobil yang mempunyai kapasitas besar. Oleh karena itu, perbandingan mobil murah Daihatsu Ayla dan Datsun Go+ Panca sangat jauh jika dilihat dari jumlah peminatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar