Aturan dan Persyaratan Kredit Mobil di Bank Syariah

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya soal hukum kredit mobil di bank syariah. Seperti yang diketahui selama ini, bank syariah memiliki aturan yang berbeda dengan bank pada umumnya. Dalam hal jual-beli dan kredit, ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh barang tersebut. Mungkin akan terdengar sedikit aneh dan unik. Misalnya saja, barang harus merupakan barang yang tidak najis, bisa dimanfaatkan, merupakan milik sendiri, jelas, penjual mampu menyerahkan barang, dan juga bisa memenuhi ketentuan qobidh. Beberapa urutan pun harus dilewati ketika akan melakukan kredit mobil di bank syariah. Untuk orang yang baru pertama kali mungkin akan merasa kebingungan karena tidak mengerti mekanisme bank syariah. Berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai kredit mobil melalui bank syariah.

Mekanisme Kredit Mobil di Bank Syariah

Sebenarnya mekanisme kredit mobil di bank syariah tidak terlalu rumit. Pertama-tama, anda harus mendatangi dealer dan memilih mobil yang anda inginkan. Setelah itu, hubungi bank syariah yang bersangkutan dan sebutkan mobil yang anda inginkan serta dealer yang anda kunjungi. Maka biasanya pihak bank akan menelpon dealer untuk melakukan pembelian mobil. Setelah itu, beberapa syarat mengenai jaminan serta asuransi harus dilakukan oleh pembeli. Persyaratan asuransi bisa berupa yang konvensional atau syariah. Langkah selanjutnya maka bank akan menaruh uang di rekening pembeli dan ditransfer secara otomatis ke dealer. Akan ada perjanjian yang harus disetujui oleh pembeli. Setelah itu baru mobil bisa diambil.

Meskipun mekanisme yang dimiliki tergolong sama dengan kredit pada bank umum dan tidak terlalu rumit, persyaratan yang disebutkan pada di awal tadi bisa dibilang rumit. Setiap persyaratan tersebut memiliki detailnya masing-masing dan harus bisa dipenuhi oleh sang calon pembeli. Misalnya saja untuk syarat memenuhi ketentuan qobidh yang berarti sudah dipegang oleh bank. Jika ada kekurangan maka bank yang harus bertanggung jawab. Karena bank dianggap sebagai pemilik sebelumnya. Syarat kredit mobil di bank syariah yang satu ini mungkin akan menjadi sedikit rumit ketika mobil sudah memiliki kekurangan sebelum pindah ke tangah bank dan pembeli.

#artikel Aturan dan Persyaratan Kredit Mobil di Bank Syariah di atas belum diperiksa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar