Cara Bayar Pajak Mobil Online Bandung

Maraknya penggunaan internet di dalam negeri ternyata dapat dimanfaat secara maksimal oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan layanannya kepada seluruh masyarakat. Salah satu wujud pelayanan tersebut adalah melalui e-Samsat yang digunakan untuk membayar wajib pajak kendaraan bermotor maupun pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan secara online menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Melalui layanan ini, anda tidak perlu bersusah payah untuk ke lokasi samsat dan antri untuk bisa membayar pajak karena cukup mendaftarkan diri via sms dan membayarnya melalui proses transfer rekening menggunakan ATM. Hanya saja layanan ini masih terbatas untuk kota-kota besar saja seperti di Aceh, Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Bagi anda yang berdomisili di Bandung, berikut ini akan kami sajikan cara bayar pajak mobil online Bandung yang cepat dan mudah untuk dilakukan.

Cara bayar pajak mobil online Bandung yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan melakukan pendaftaran via SMS ke nomer yang tertera di e-Samsat sesuai dengan kriteria yang harus dituliskan seperti nomor chasis, NIK KTP, dan alamat email anda. Setelah semua kriteria telah diketik dengan benar maka anda dapat langsung mengirimnya lalu tunggu beberapa menit maka anda akan mendapatkan balasan berupa kode pembayaran yang berjumlah 16 digit angka. Gunakan kode pembayaran tersebut untuk melakukan transaksi via ATM yang dalam hal ini anda harus mengunjungi Bank Jabar Banten (BJB).

Proses bayar pajak mobil online Bandung via ATM BJB sangatlah mudah dan cepat. Cukup dengan menekan tombol menu lalu pilih pembayaran dan tekan menu pajak/retribusi Prov. Jawa Barat. Selanjutnya anda dapat menekan menu Pajak Kendaraan dan anda akan diinstruksikan untuk mengisi dengan menggunakan angka yang tertera pada kode pembayaran. Ketika kode pembayaran telah selesai dimasukkan maka anda akan dihadapkan pada data-data kendaraan yang anda miliki termasuk juga besarnya wajib pajak yang harus anda bayar. Apabila jumlahnya telah sesuai maka anda dapat menekan tombol “YA” maka akan tercetak resi pembayaran pajak kendaraan bermotor anda. Setelah itu, resi tersebut dapat anda gunakan untuk registrasi sekaligus pengambilan pengesahan STNK tahunan. Sangatlah mudah bukan?, segera manfaatkan layanan e-samsat tersebut agar pembayaran wajib pajak anda menjadi semakin mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar