Keunggulan Menggunakan Asuransi Mobil Syariah

Asuransi dibutuhkan untuk memberikan jaminan keselamatan. Ada banyak asuransi yang ditujukan untuk beberapa hal, termasuk kendaraan bermotor. Mengasuransikan mobil sangat penting dilakukan untuk menjaminnya dari ancaman kerugian baik mobil itu sendiri atau bahkan pengendaranya. Jika Anda seorang muslim, ada baiknya mencoba untuk menggunakan asuransi mobil syariah bagi kendaraan Anda. Sesuai dengan namanya, asuransi yang diberikan akan berdasarkan aturan syariah dimana memberikan beberapa keunggulan lebih dibandingkan asuransi konvensional. Pengelolaan dana dalam asuransi syariah menghindari beberapa hal yang diharamkan dalam islam riba, maisir (judi), serta ketidakjelasan dana (grarar). Asuransi syariah ini juga cocok untuk kendaraan bermotor seperti mobil.

Keunggulan pertama yang bisa Anda rasakan adalah mengenai pengembalian surplus tabarru’. Seperti halnya asuransi konvensional yang juga menawarkan hal serupa jika jumlah klaim kurang dari batas tertentu atau bahkan pengguna asuransi tidak pernah sekalipun mengajukan klaim. Namun, dalam asuransi konvensioanal, penawaran tersebut berlaku hanya untuk mereka yang memperpanjang polis asuransinya. Berbeda dengan asuransi mobil syariah, yang akan tetap memberi penawaran pengembalian surplus tabarru’ kepada pengguna tanpa harus memperpanjang polis. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari hal haram seperti riba. Selain itu, masih ada beberapa keunggulan lain yang dapat Anda rasakan jika mengasuransikan kendaraan bermotor Anda, khususnya mobil dengan asuransi syariah.

Seperti yang Anda tahu, beberapa asuransi konvensional menggunakan undian berhadiah untuk menarik peminat. Karena undian seperti ini bersifat maisir atau judi, asuransi syariah tidak menerapkan metode ini. Jadi, jika Anda ingin menghindari hal-hal yang bersifat maisir, asuransi mobil dengan aturan syariah sangat patut dicoba. Selain itu, adapula sistem risk sharing, dimana sesama nasabah akan saling tolong menolong saat dalam kesulitan. Ini dilakukan dengan kontrak takafuli yang telah disepakati. Oleh karena itu, asuransi mobil syariah tidak hanya menjamin mobil Anda dari berbagai ancaman seperti kecelakaan atau kerugian finansial lainnya, namun juga melakukannya sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku dalam Islam. Di samping itu, Anda juga dapat merasakan beberapa keunggulan yang tidak didapat dari asuransi konvensional.

#artikel Asuransi Mobil Syariah di atas belum diperiksa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar