Tips Cara Merawat Mobil Ganti Busi

Kendaraan bermotor pasti tak bisa lepas dari busi. Busi merupakan salah satu komponen mesin yang sangat penting dan harus dijaga karena busi ini elemen yang memicu adanya percikan api di ruang bakan mesin mesin. Apa bila busi tidak bekerja secara maksimal maka bisa saja mesin mobil akan akan mati secara mendadak atau tersendat karena api yang telah dihasilkan oleh busi tidak bisa bekerja normal pada elektroda busi tersebut. Bila mobil Anda tiba-tiba sulit distater atau tiba-tiba mogok maka secepatnya mobil ganti busi yang baru atau mengecek keadaan busi. Jika busi tidak mengeluarkan percikan api itu sangat jarang ditemui tapi yang sering terjadi adalah api busi tidak bisa melewati elektroda.

Busi memang memerlukan penggantian secara rutin terlebih jika jarang merawat kondisi mobil maka bisa saja busi mobil harus diganti dengan lebih cepat. Jika busi yang sudah mulai tidak optimal bekerja tetap dipaksakan untuk digunakan terus maka akan menimbulkan beberapa akibat seperti mesin mobil cepat panas, mobil tidak kuat atau akan tersendat bila membawa banyak barang, mobil akan mogok jika melewati tanjakan serta saat dibawa dalam kecepatan tinggi yang lebih dari 80 km per jam. Mobil ganti busi harus diusahakan untuk dilakukan secara rutin dan jangan sampai terlewatkan. Beberapa tips untuk merawat busi agar tetap maksimal adalah cek kondisi penutup busi, bersihkan lubang busi, serta bersihkanlah elektroda serta keramik busi agar tahan lama.

Periksalah busi secara teratur dan bisa dilakukan saat melakukan service mobil rutin. Sebaiknya segera ganti busi mobil Anda jika sudah tidak layak digunakan atau saat bentuk elektroda yang mulai tak rata. Hal tersebut dapat menyebabkan performa mesin menjadi turun dan mobil menjadi tak nyaman saat dikendarai. Selain itu, rawatlah busi dengan cara membersihkannya terlebih pada bagian deposit kerak yang ada di sekitar elektroda busi. Jadi, sebaiknya mobil ganti busi dengan busi yang baru untuk mencegah terjadinya mesin yang tersendat atau tiba-tiba macet di jalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar