Tips dan Trik Beli Mobil Online

Dizaman yang serba teknologi dan multimedia seperti sekarang ini, baik konsumen maupun produsen banyak diuntungkan dengan adanya jual beli secara online. Tak hanya pakaian saja yang ditawarkan namun juga hingga kendaraan bermotor termasuk mobil dapat Anda jumpai dalam situs-situs toko online. Dengan menjamurnya online shop di dunia internet yang menjajakan barang dagangan mereka seperti mobil, tentu saja kita sebagai konsumen harus memperhitungkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membelinya apalagi jika yang Anda ingin beli tersebut adalah mobil bekas. Cermat dalam memilih dan membeli mobil secara online adalah hal yang penting agar konsumen dapat terhindar dari kejadian-kejadian yang tak mengenakan di kemudian hari nanti.

Berikut ini tips dan trik untuk para konsumen agar dapat dengan mudah meneliti detail mobil yang akan dibeli. Pertama yang harus Anda lakukan dalam jual beli mobil online adalah menanyakan latar belakang mobil yang Anda minati pada si penjual. Tanyakan apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan, siapa pemilik sebelumnya hingga apakah yang menjadi alasan si penjual untuk menjual mobilnya. Tanyakan juga mengenai bagian eksterior dan interior mobilnya.

Hal kedua adalah carilah mobil yang masih mulus dan baik kondisinya. Karena biasanya mobil yang telah mengalami tabrakan akan memiliki banyak masalah di kemudian hari. Untuk melakukan pengecekan, sebaiknya Anda dan penjual langsung bertemu dan melihat langsung keadaan mobilnya. Gunakan magnet untuk melakukan pemeriksaan jika Anda menemukan adanya dempulan pada body mobil.

Selanjutnya, ada baiknya Anda melakukan test drive terhadap mobil yang Anda minati tersebut. Perhatikan suara mesin yang timbul saat berkendara dan cek jarak tempuh mobil selama dikendarai. Jangan lupa untuk mengecek fungsi lampu indikator dan panel dashboardnya. Selain itu jika mobil tersebut adalah keluaran tahun 2000an maka kemungkinan memiliki fitur hiburan seperti pemutar CD, colokan USB, AC, hingga televise portable yang tidak boleh lupa untuk dicek fungsinya.

Hal yang lebih penting lainnya sebelum Anda membeli mobil online adalah menanyakan keberadaan surat-surat kendaraan yang lengkap dan asli. Pastikan juga pajak kendaraan tersebut masih berlaku sehingga Anda dapat terhindar dari urusan administrasi kendaraan nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar